Aksa Aki Mod Barat Adat Papua Rumah

34 Rumah Adat Dari Seluruh Provinsi Indonesia

Walaupun rumah adat di wilayah provinsi papua barat disebut sebagai honai namun aksa aki mod barat adat papua rumah ada juga suku arfak di wilayah papua barat yang membangun mod aki aksa atau rumah kaki seribu. rumah adat ini memiliki ciri khas berupa banyaknya tiang penyangga pada bagian bawah rumah, sehingga dikenal dengan sebutan rumah kaki seribu. Rumahadatpapuabarat (rumah mod aki aksa) phinemo. com. rumah tradisional masyarakat papua barat ini sering dijuluki rumah kaki seribu. sebab, bentuk tiang penopang rumahnya sangat banyak. rumah adat bernama mod aki aksa ini strukturnya sederhana seperti rumah honai, hanya saja bentuknya rumah adat panggung. Rumah adat tersebut dikenal dengan nama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. rumah tersebut disebut rumah kaki seribu karena memiliki banyak sekali tiang penyangga. umumnya tiang-tiang penyangga rumah ini, diberi ukiran serta dilengkapi patung nenek moyang sebagai penghalau kekuatan jahat menurut adat. Suka artikel berjudul rumah mod aki aksa, rumah adat provinsi papua barat, yuk bagikan ke: rumah mod aki aksa, rumah adat provinsi papua barat reviewed by unknown on rabu, september 13, 2017 rating: 5.

Rumahadat Provinsi Papua Barat Pewarta Nusantara

Rumah mod aki aksa, rumah adat provinsi papua barat. recent posts. tim assesor ban pt disambut dengan ritual adat di polbangtan manokwari. pansus dpd ri terima aspirasi asosiasi bupati aksa aki mod barat adat papua rumah pemekaran dob papua tengah. polda papua barat gelar acara bersama purnawirawan dan warakawuri. Walaupun rumah adat antara provinsi papua barat dan provinsi papua timur sama-sama disebut honai, namun ada juga suku arfak di papua barat yang mendirikan mod aki aksa, artinya rumah kaki seribu.

Rumah adat papua barat berbabagai rumah adat indonesia.
Rumah Mod Aki Aksa Rumah Adat Provinsi Papua Barat
Nama Rumah Adat Papua Beserta Gambar  Penjelasannya

Mod aki aksa (lgkojei) merupakan rumah adat suku arfak, mendiami pegunungan arfak, dikenal dengan rumah adat kaki seribu, berbentuk rumah panggung empat persegi panjang, memiliki keunikan tersendiri dengan jumlah tiang-tiang penyokong sangat banyak. tiang penyokong ini berada di seluruh ruang di bawah rumah. Rumahadat kaki seribu. rumah kaki seribu juga dikenal dengan sebutan mod aki aksa (lgkojei). arsitekturnya kental dengan corak manokwari. bangunan tradisional rumah kaki seribu merupakan rumah adat khas suku arfak papua yang mendiami wilayah manokwari. bangunan unik khas suku arfak tersebut juga dikenal dengan nama mod aki aksa atau igkojei. Rumahadatmodakiaksa ini terdiri dari satu lantai yang terbuat dari kayu dan atapnya dibuat dari dedaunan sagu atau jerami. dengan dinding-dinding yang terbuat dari kulit pohon butska. sementara atapnya terbuat dari daun pandan, sedangkan lantainya dari belahan nibung atau bambu dibawahnya disokong tiang-tiang.

Rumah adat papua barat rumah adat mod aki aksa merupakan rumah tinggal bagi masyarakat suku arfak pada masa silam yang mendiami daerah sekitar pegunungan arfak di kabupaten manokwari, hingga daerah sekitar teluk bintuni. rumah adat papua barat berstruktur panggung ini hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai rumah tinggal karena dianggap. Rumah mod aki aksa, mendengar namanya saja pasti merasa begitu asing di telinga. mod aki aksa merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi papua barat. jangan hanya tahu mengenai raja ampat saja, ada baiknya juga dipelajari mengenai rumah adatnya agar lebih mengenal ragam budaya yang ada di indonesia. rumah ini adalah tempat tinggal untuk suku Rumah adat papua barat tidak mencerminkan suku tertentu, melainkan melukiskan rumah panggung yang banyak ditemui di manukwari, ibu kota papua barat. rumah ini bernama mod aki aksa, yang artinya rumah kaki seribu. pakaian adat papua…. Modakiaksa (lgkojei) merupakan rumah adat suku arfak, mendiami aksa aki mod barat adat papua rumah pegunungan arfak, dikenal dengan rumah adat kaki seribu, berbentuk rumah panggung empat persegi panjang, memiliki keunikan tersendiri dengan jumlah tiang-tiang penyokong sangat banyak. tiang penyokong ini berada di seluruh ruang di bawah rumah.

Rumah adar kaki seribu berjenis rumah panggung dan memiliki corak khas manokwari. rumah ini dalam bahasa lokal disebut mod aki aksa (igkojei). rumah adat kaki seribu pada umumnya dipakai oleh penduduk yang tinggal di daerah pegunungan dan berhawa dingin. rumah ini dibuat berukuran tinggi untuk menghindari serangan hewan buas. Rumahmodakiaksa, mendengar namanya saja pasti merasa begitu asing di telinga. modakiaksa merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi papua barat. jangan hanya tahu mengenai raja ampat saja, ada baiknya juga dipelajari mengenai rumah adatnya agar lebih mengenal ragam budaya yang ada di indonesia. rumah ini adalah tempat tinggal untuk suku Rumahmodakiaksa adalah rumah tradisional yang berasal dari papua barat dan teluk cenderawasih. bangunan ini menyerupai kaki seribu. rumah ini memiliki sedikit kemiripan dengan rumah panggung dan atap yang lebih modern. di samping itu, rumah ini memiliki banyak ventilasi udara dan lubang cahaya. 33. rumah adat papua (honai). Rumahmodaki bisa dibilang dengan rumah kaki seribu yang berasal dari papua barat. bentuknya hampir miripdengan rumah adat honai, akan tetapi rumah adat ini berbentuk rumah adat panggung. dimana rumah adat mod aki, memiliki ciri khas, mempunyai banayak penyangga dibagaian bawah lantai rumah.

Rumahadatpapuabaratrumahadatmodakiaksa merupakan rumah tinggal bagi masyarakat suku arfak pada masa silam yang mendiami daerah sekitar pegunungan arfak di kabupaten manokwari, hingga daerah sekitar teluk bintuni. rumah adat papua barat berstruktur panggung ini hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai rumah tinggal karena dianggap. Rumah adat ini disebut juga mod aki aksa (lgkojei) yang artinya rumah kaki seribu. rumah adat papua yaitu honai juga terdapat pada papua barat, akan aksa aki mod barat adat papua rumah tetapi penduduk di papua barat lebih mengandalkan hasil laut dibandingkan bertani, sehingga penduduknya mendirikan rumah adat mereka berupa rumah. More rumah adat papua barat mod aki aksa images.

Rumahadatpapuabarat tidak mencerminkan suku tertentu, melainkan melukiskan rumah panggung yang banyak ditemui di manukwari, ibu kota papua barat. rumah ini bernama mod aki aksa, yang artinya rumah kaki seribu. pakaian adat papua. pria : memakai sehelai kain yang menutupi bagian depannya. perhiasan yang dipakai adalah kalung dan gelang. Rumah adat papua barat (rumah mod aki aksa) phinemo. com. rumah tradisional masyarakat papua barat ini sering dijuluki rumah kaki seribu. sebab, bentuk tiang penopang rumahnya sangat banyak. rumah adat bernama mod aki aksa ini strukturnya sederhana seperti rumah honai, hanya saja bentuknya rumah adat panggung. Rumah adat mod aki aksa ini terdiri dari satu lantai yang terbuat dari kayu dan atapnya dibuat dari dedaunan sagu atau jerami. dengan dinding-dinding yang terbuat dari kulit pohon butska. sementara atapnya terbuat dari daun pandan, sedangkan lantainya dari belahan nibung atau bambu dibawahnya disokong tiang-tiang.

33. rumah adat papua barat (mod aki aksa) mod aki aksa adalah nama rumah adat tradisional yang berasal dari papua barat dan memiliki julukan rumah kaki seribu karena banyaknya jumlah tiyang yang menyangga lantai maupun kerangka rumah tersebut. baca juga: 34 pakaian adat dan namanya di indonesia; 34. rumah adat papua (honai). Rumahadat ini disebut juga mod aki aksa (lgkojei) yang artinya rumah kaki seribu. rumah adat papua yaitu honai juga terdapat pada papua barat, akan tetapi penduduk di papua barat lebih mengandalkan hasil laut dibandingkan bertani, sehingga penduduknya mendirikan rumah adat mereka berupa rumah panggung yang identik sebagai kehidupan nelayan. Rumahpapuabarat dan timur adalah sama-sama disebuat rumah adat honai. rumah papua barat yang didirikan oleh suku arfak dikenal dengan nama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. bisa kita bayangkan bagaimana rumah honai ini dibangun dengan alat yang seadanya, karena tempat mereka jauh dari perkotaan sehingga mereka menggunakan alat. Rumahadatmodakiaksa (tsymodakiaksa. blogspot. com)provinsi irian jaya barat merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi papua berdasarkan uu no. 45 tahun 1999. pada tanggal 7 februari 2007 secara resmi irian jaya b.

Aksa Aki Mod Barat Adat Papua Rumah

Papuabarat juga dikenal dengan berbagai adat istiadat yang masih sangat kental meski ada berbagai modernisasi dari provinsi lain yang masuk ke wilayah papua barat seperti salah satunya adalah pakaian adat, bahasa, tarian dan juga rumah adat papua barat seperti yang akan kami jelaskan berikut ini. Rumahadat tersebut dikenal dengan nama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. rumah tersebut disebut rumah kaki seribu karena memiliki banyak sekali tiang penyangga. umumnya tiang-tiang penyangga rumah ini, diberi ukiran serta dilengkapi patung nenek moyang sebagai penghalau kekuatan jahat menurut adat dan kepercayaan masyarakat disana. Rumahadatmodakiaksa (tsymodakiaksa. blogspot. com)provinsi irian jaya barat merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi papua berdasarkan uu no. 45 tahun 1999. pada tanggal 7 februari 2007 secara resmi irian jaya barat berubah nama menjadi provinsi papua barat. papua maupun papua barat merupakan provinsi berstatus otonomi khusus. secara administrative provinsi papua barat.

Rumahadatpapuabarat, rumah kaki seribu dengan banyak tiang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Cantik Kinden Liz

Ruang Mewah Tamu Lesehan

2 Rumah Teras Lantai